Selasa, 11 Desember 2012

pariwisata kuningan

Sekilas Pariwisata kabupaten Kuningan

Kabupaten kuningan Propinsi jawa Barat dengan luas wilayah 1.178.57 kmterletak di kaki Gunung Ciremai ,sebelah utara berbatasan dengan kabupaten Cirebon,sebelah Timur dengan kabupaten Brebes Propinsi Jawa Tengah ,sebelah selatan dengan kabupaten CilacapPropinsi jawa Tengah dan kabupaten Ciamis,serta sebelah barat dengan kabupaten Majalengka.
Dalam visi Kuningan sector pariwisata merupakan potensi andalan yang perlu digali ,dikembangkan serta di promosikan.Selain alam Kuningan yang indah terdiri atas gunung,bukit,lereng,lembah atau danau ,hawanya pun sejuk antara 18-30 derajat C serta di dukung banyak budaya dan beragam.

Tempat Wisata Dikuningan

  • Gedung Perundingan Linggarjati
Gedung perundingan Linggarjati merupakan salah satu bangunan bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Desa Linggajati Kecamatan Cilimus di kaki Gunung Ciremai bagian tenggara,kea rah Utara dari kota kuningan atau kea rah selatan dari kota Cirebon.
Pada tanggal 10 s/d 13 November 1946 berlangsung perundingan bersejarah antar pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Kerajaan Belanda.Perundingan tersebut merupakan upaya perjuangan Indonesia melalui jalur diplomasi untuk mendapatkan kedaulatan bangsa.Bentuk asli bangunan masih dipertahankan,beberapa benda dan replika benda yang dipergunakan pada masa perundingan dapat disaksikan di dalam rumah yang kini berfungsi pula sebagai museum.Fasilitas yang tersediasaat ini adalah tempat parkir , kios jajanan ,mushola ,toilet ,taman terbuka ,dan auditorium.

  • Bumi Perkemahan Palutungan
Desa Setianegara memiliki daya tarik weisata tepatnya di hutan Setianegara yang menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, alam yang asri dan udara yang sejuk. Sementara itu Palutungan juga mempunyai pemandangan alam yang indah serta lingkungan yang asri sangat cocok bagi mereka yang senang keindahan alam yang masih asli.

  • Talaga Remis
Talaga Remis merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Kaduela, Kuningan, berjarak sekitar 37 km dari pusat kota Kuningan. Konon nama danau ini diambil dari binatang remis, sejenis kerang bewarna kuning yang banyak hidup di sekitar telaga ini.
Telaga remis itu sendiri sejatinya terdiri dari beberapa telaga yang terpisah, yakni Telaga Leat, Telaga Nilem, Telaga Deleg, Situ Ayu Salintang, Telaga Leutik, Telaga Buruy, Telaga Tespong, dan Sumur Jalatunda. Objek Wisata Telaga Remis menyimpan keanekaragaman flora dan fauna, terdapat kurang lebih 160 jenis tumbuhan diantaranya sonokeling, malaka, kosambi dan lain-lain.
Talaga Remis memiliki pemandangan pegunungan yang indah serta danau dengan air yang jernih sehingga cocok untuk berwisata. Kebanyakan wisatawan yang berkunjung menghabiskan waktu dengan menikmati makanan khas berupa ikan gurame yang banyak terdapat di restaurant-restaurant di sini, selain menikmati wisata air dengan menggunakan sepeda air atau perahu, atau sekedar berjalan kaki menikmati pemandangan danau dan hutan dengan udara yang bersih. Daya tarik lain tempat ini adalah adanya satu jenis tumbuhan langka yaitu Pisang Hyang.menjadi obyek wisata budaya yang cukup terkenal baik di dalam negeri maupun mancanegara.

  • Taman Purbakala Cipari
Situs Purbakala Cipari merupakan situs peninggalan era megalitikum dari masyarakat purba yang hidup di daratan Sunda Besar, yaitu dataran yang mencakup Sumatera, Jawa, dan Kalimantan serta laut yang menghubungkan ketiganya pada sekitar 10.000 tahun yang lalu.
Situs ini pertama kali ditemukan pada tahun 1972, berupa komplek pekuburan. Situs ini terhitung cukup lengkap menggambarkan kehidupan masyarakat pada masa itu, sehingga saat ini menjadi tujuan wisata purbakala yang  sangat menarik. Lokasi ini juga dilengkapi dengan museum.


  • Linggarjati Indah
Taman Wisata Alam Linggarjati adalah salah satu objek wisata alam yang terletak di Kabupaten Kuningan. Linggarjati juga merupakan salah satu tempat titik awal pendakian ke puncak Gunung Ciremai.
Salah satu daya tarik tempat ini ialah keanekaragaman flora dan fauna yang terdapat didalamnya. Flora yang terdapat di kawasan ini di antaranya : Bungur (Lagerstroemia sp), Pasang (Quercus sp), Kiara (Ficus sp), Lemo (Alstonia scholaris), Jamuju (Podocarpus imbricatus) dan Kiacret (Spathodea campulata). Jenis pohon-pohon tersebut tumbuh dengan baik dan kini telah banyak yang berdiameter lebih dari 50 cm dengan tinggi bebas cabang ± 10 meter serta memiliki tajuk yang lebar, sehingga membuat suasana menjadi sejuk bagi wisatawan. Jenis fauna yang ada di taman Wisata Alam Linggarjati adalah jenis burung seperti Burung Pipit (Lonchura leucogastoides) dan Kepodang (Oriolus chinensis), jenis satwa lainnya.
Di samping panorama alam yang indah Taman Wisata Alam Linggarjati memiliki hawa yang sejuk dan segar

  • Kolam ikan Cigugur
Kolam ikan Cigugur merupakan salah satu objek wisata yang memiliki keunikan tersendiri karena di kolam ini dihuni oleh ikan langka yaitu ikan kancra bodas ( labeobarbus doumensis ).Ikan tersebut memiliki legenda tersebdiri sehingga masyarakat sekitar menjadikannya ikan kramat dan menamainya ikan dewa.Kolam ikan Cigugur terletak di kelurahan Cigugur kea rah barat dari Kuningan Kota dan terletak di pinggir jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis.Fasilitas yang tersedia yaitu: kolam renang dewasa dan anak-anak , kios jajanan , mushola dan area parkir.Saat ini di kolam Cigugur pengunjung bisa menikmati terapi ikan yang bias dilakukan sambil duduk santi selama 20 menit.Terapi inin dipercya dapat melancarkan peredaran darah.
  • Lembah Cilengkrang
Wisata alam Lembah Cilengkrang terletak di kawasan Gunung Ciremai dan merupakan kawasan wisata alam (ecoturism).Objek inin terletak di sebelah bara desa pajambon Kecamatan Kramatmulya.Kawasan inin terbagi menjadi 3 zona yaitu:zona wisata harian,kemah dan kehidupan burung dimana pengunjung dapat kicauan burung atau menyaksikan burung elang Jawa .Zona kedua adalah pemandian air panas ,lembah dan curug sabuk.zona terakhir adalh pemandian air panas dan curug sawer.Pemandangan alam dan pemandian air panas alami merupakan keistimewaan tempat wisata inin dan menjadi tujuan yang tepat ntuk hiking dan berkemah.\untuk para pengunjung tersedia areal parker,saung santai,tempang camping dan saung jajanan.lembah Cilengkrang adalah tempat wisata khusus untuk ynag mencintai petualangan.
  • Waduk darma
Waduk Darma adalah sebuah waduk yang terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan,  tepatnya di Kecamatan Darma Apabila anda melakuka perjalanan darat dari Cirebon-Kuningan-Ciamis atau sebaliknya anda akan melewati waduk ini. Jarak obyek wisata ini adalah ± 12 km dari kota Kuningan dan dari ± 37 km dari kota
Waduk ini selain berfungsi sebagai penampungan air untuk pengairan dan perikanan juga dapat dijadikan sarana rekreasi dan olahraga. Pemandangan senja hari di sini sangat indah, anda bisa menyewa perahu yang banyak terdapat di sini untuk mengelilingi danau.
  • Balong Keramat Darma Loka
Balong dalam bahasa Indonesia adalah kolam. Berlokasi di desa Darma, kecamatan Darma, sekitar 13,5 km ke arah selatan dari kota Kuningan atau ± 48 km dari kota Cirebon juga ke arah selatan. Konon Balong Keramat Darmaloka merupakan bekas peninggalan zaman Walisanga dalam rangka penyebaran agama Islam ratusan tahun yang lalu. Balong Keramat Darmaloka itu sendiri sebetulnya terdiri atas beberapa bagian yaitu Balong Ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur, Bale Kambang dan Sumber Air Cibinuang. Balong Kramat Darmaloka juga dihuni oleh Ikan Kancra Bodas
Gerbang masuk ke Balong Keramat Darmaloka yang terlihat agak unik. Balong Keramat Darmaloka ini konon merupakan sisa peninggalan yang berkaitan dengan kegiatan penyebaran agama Islam pada jaman Walisongo.Di Balong Keramat Darmaloka pengunjung juga bisa menjumpai Ikan Kancra Bodas, meskipun air kolamnya terlihat agak keruh, tidak sebening air Kolam Cibulan.
Pepohonan hijau rimbun tumbuh subur di dalam lingkungan Balong Kramat Darmaloka, memberikan suasana teduh dan sejuk di dalam kompleks, selain juga menebar aroma mistis, terutama pada sore hari.
Karena jaraknya yang cukup jauh dari tepi jalan raya, suasana di dalam lingkungan Balong Keramat Darmaloka ini cukup hening, dan sepertinya sangat sesuai untuk melakukan kegiatan meditasi.
Di dalam kompleks Balong Keramat Darmaloka terdapat beberapa makam dan petilasan yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat, diantaranya adalah makam Syekh Rama Irengan, dan beberapa makam lainnya yang tempatnya terpisah-pisah, seperti makam Aria Salingsingan, mBok Bukit, serta makam penari ronggeng Sari Kuning – Sari Kembang. Penduduk setempat percaya bahwa Syekh Rama Haji Irengan telah membuat kolam keramat Darmaloka hanya dalam waktu semalam.
Kebanyakan ziarah, mandi malam jumat kliwon, jam 12-jam 1 sampai jam 3, di sebuah sumur yang dikelelingi bebatuan. Pada malam Jumat kabarnya tempat ini ramai dikunjungi oleh para peziarah yang ingin mengalap berkah. Bahkan ada tempat di ujung kiri Balong Keramat Darmaloka yang digunakan untuk mandi tengah malam, yang konon merupakan pemandian para wali.Kolam, atau balong, yang berada di kompleks Balong Keramat Darmaloka ini ada beberapa buah, yang masing-masing disebut dengan nama Balong Ageung, Balong Bangsal, Balong Beunteur, dan Bale Kambang dan Balong Panyipuhan.Di Balong Keramat Darmaloka ini terdapat tiga buah mata air, yaitu mata air Balong Beunteur, Cibinuang dan Cilengkeng, yang kesemuanya berasal dari Situ Sanghiang Telaga.

  • Open Space Galery
Open Space Galery merupakan sarana budaya terbuka yang digunakan sebagai pusat kegiatan pagelaran kesenian ,olahraga,rekreasi dan juga sebagai pusat informasi pariwisata dan terapi ikan yang berlokasi di kawasan Linggarjati Cilimus-Kuningan.
Cocok untuk tempat peristirahatan wisatawan sebelum melanjutkan wisatanya.Fasilitas yang digunakan adalah panggung dengan dua muka ,saung santai ,mushola,Toilet,Tempat parkir,Ruang pamer,Lapangan hijau,dan area olahraga yang luas.

  • Curug Sidomba
Curug Sidomba merupakan objek wisata alam pegunungan yang indah dan sejuk ,tempat bertemunya tiga mata air yaitu Cisadane,Cihaliwung,dan Cikapala.Areal ini dilengkapi dengan bumi perkemahan yang luas ,mini zoo berisi koleksi beberapa hewan langka (domba bertanduk empat),tangga ular,masjid At-Tiin,kolam renang ,dan saung keluarga yang cocok untuk makan dan lesehan bersm keluarga.Daya tarik objek wisata ini terletak pada air terjun dan kolam ikan serta penataan tempat yang menawan.Untuk mengelilingi lokasi disediakan mobil wisata ,selain itu terdapat tempat-tempat parker yang luas,kis jajanan khas kuningan ,kios cenderamata,toilet,dan flying fox.

  • Kebun Raya 
    Tempat rekreasi alam dan wisata ilmiah dalam bentuk camping ground kegiatan outbound selain itu  pengunjung dapat mengenal berbagai jenis flora dan dapat dijadikan sarana penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan menyangkut kehidupan flora.Kebun raya kuningan ini  terletak di Desa Gandamekar Kuningan bagian utara.


  • Tirta Agung mas

Wahana olahraga dan rekreasi keluarga Tirta agung Mas beralamt di jalan raya Luragung – Kuningan ke arah timur darik kota Kuningan .Sebuah obyek dan daya tarik wisata yang menawarkan atraksi wisata menarik seprti ATF ,arena outbound yang lengkap ,kolam renang standar nasional ,fitness center,kolam pemancingan ,rumah makan,serta sarana bermain anak yang dilengkapi oleh waterboom yang aman dan menarik untuk dikunjungi.
  • Sanggariang
Tempat rekreasi olahraga yang berada di tengah kota Kuningan ,tepatnya di jalur jaln siliwangi no.75 Kelurahan Kuningan,Kecamatan Kuningan.Sanggariang mempunyai fasilitas kolam renang dewasa,kolam remnang anak-anak dan balita juga dapat digunakan sebagaimedia latihan para atlitrrenang daerah .Selain fasilitas olahraga.Sanggariang mempunyai gedung untuk kegiatan olahraga bulutangkis,kegiatan seminar,kegiatan kesenian,resepsi pernikahan/kegiatan nice lainnya.Fasilitas yang ada seperti parker yang cukup ,toilet,mushola,ruang ganti pakaian yang memadai ,gazebo,kios jajanan dan oleh-oleh khas Kuningan ,juga keperluan lain untuk resepsi.
  • Kolam Ikan & Sumur 7 Cibulan
Kolam pemandian Cibulan merupakan salah satu objek wisata tertua di Kuningan. Obyek wisata ini diresmikan pada 27 Agustus 1939,terletak di Desa Manis Kidul kecamatan jalaksana.Tempat inin mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan. Objek wisata Cibulan menyajikan suasana alam dengan pepohonan yang rindang meneduhkan yang tumbuh di sekitar objek.Cibulan memiliki kekhasan pada kolam ikannya dihuni oleh kancra bodas (labeobarbus doumensis) atau ikan dewa yang konon dibawa oleh murid-murid walisongo saat datang ke Cibulan.Para murid wali songo pun meninggalkan 7 sumur yang mereka gunakan untuk berwudhu saat itu.Sumur tujuh yang dikeramatkan itu merupakan symbol harapan manusia pada umunya dan dapat dipercaya dapat membuat orang tetap awet muda dengan membasuh wajahnya menggunakan air sumur itu.Posisi ketujuh sumur tersebut mengelilingi petilasan yang diyakini sebagai bekas tempat semedi Prabu Siliwangi.Di tempat ini pengunjung dapat berenang bersama ikan dewa.Selain itu fasilitas yang tersedia yaitu:kios jajanan dan cinderamata ,wahan flying fox ,toilet dan mushola.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar